P.A.E.I : Umur Tidak Jadi Soal

Apa persamaan antara bisnis dengan manusia ? Persamaannya terletak pada siklus. Manusia dan bisnis mempunyai siklus sederhana yaitu Lahir, Berkembang, Matang dan Mati (Born, Growth, Maturity, Sunset). Karena, baik manusia dan bisnis harus tunduk pada siklus ini, maka yang menjadi perbedaan tiap siklus adalah durasi dari siklus itu sendiri. Setiap manusia memiliki durasi yang berbeda satu sama lain begitu pula dengan bisnis.


Dr. Ichak Adizes mengembangkan sebuah gaya manajemen yang mempunyai empat role yaitu Producer, Administrator, Entrepreneur dan Integrator (PAEI). Producer adalah role yang fokus pada produksi, Administrator fokus pada system, Entrepreneur fokus pada development dan Integrator fokus pada manajemen manusia dan bagaimana segala sesuatu berjalan dengan baik. Tiap phase perkembangan bisnis, kekuatan ke empat role ini ditunjukkan dengan cara menuliskan dengan huruf kecil dan kapital. Bila dituliskan dengan huruf kapital berarti bisnis tersebut mempunyai kekuatan (strong point) pada role tersebut begitupula sebaliknya. Sebagai contoh, dalam phase Born, kemungkinan besar pola PAEI nya adalah Paei, yang berarti bisnis tersebut hanya fokus pada produksi tanpa memikirkan sistem secara keseluruhan. Phase berikutnya, Growth bisa saja mempunyai pola PAei yang bisa diterjemahkan bahwa selain kemampuan produksi bisnis tersebut juga kuat dalam system namum masih lemah dalam pengembangan bisnis. Sebuah bisnis dikatakan establish bila sudah mempunyai pola PAEI yaitu kuat dalam setiap role.

Tepat hari ini, 1 June 2009 yang menandakan setengah dari perjalanan kita dalam setahun. Bila kita perhatikan gambar di atas, sekarang kita sudah pada posisi puncak. Andaikan PAEI adalah simbol dari kebutuhan fisiologis dan rasa aman, kebutuhan sosial, status dan akutalisasi diri, maka pola PAEI tentu akan berbeda satu sama lain. Bila dalam setengah tahun terakhir ini pencapaian pola PAEI kita masih ‘paei’ atau ‘Paei’ atau ‘PAei’ kita tidak perlu berkecil hati. Seperti kata orang tua kita dulu, ’Belanda masih jauh’. Oleh karena Belanda masih jauh maka kita harus berbuat sesuatu, karena hari sudah senja (Sunset) dengan cara memperhatikan gambar di bawah.


Gambar di atas adalah strategi untuk bertahan dan berkembang. Sebelum memasuki phase ‘Sunset’ maka kita harus membuat siklus baru lagi. Sebuah ‘Quantum Leap’, loncatan yang jauh ke depan begitu seterusnya sehingga waktu atau umur tidak menjadi signifikan lagi.


Time doesn’t matter, keep going !

Featured post

Kembalinya Cangkir

yak..kini sudah kembali, sekian lama terbengkalai blog ini kembali dihidupkan dari mati suri....