Kill Bill: Buat yang berniat bunuh diri

Sensasi apa yang dirasakan oleh David Carradine saat- saat terakhir ujung nafas nya yang ditemukan gantung diri di salah satu hotel di Bangkok beberapa hari yang lalu? Dan apa yang yang dirasakan oleh Roh Moohyun mantan perdana menteri Korea Selatan saat –saat terakhir ketika tubuhnya menghempas ke bumi ?. Adakah rasa sesal yang muncul pada saat-saat terakhir kematiannya ? atau apakah justru kedamaian yang dirasakan setelah lepas dari dunianya ?.

Bunuh diri adalah tindakan yang didasarkan atas keyakinan bahwa persoalan akan selesai dengan sendirinya dan anggapan dunia sudah menjadi tempat yang tidak layak lagi untuk dihuni. Pemahaman yang sempit akan timbulnya penderitaan atau persoalan menjadi pemicu bunuh diri itu dan ekspektasi yang terlalu tinggi bahwa hidup semestinya harus lepas secara total dari penderitaan/masalah. Padahal selama matahari masih bersinar di jalannya, manusia akan selalu berdampingan dengan permasalahan.

Penerimaan terhadap bahwa kehidupan memang harus berdampingan dengan penderitaan/masalah adalah faktor penting yang harus ditanamkan dalam pikiran sehingga dengan demikian manusia akan mempunyai kemampuan untuk memberi jawaban atas pertanyaan alasan kenapa hidup masih perlu dijalani.

Selama manusia masih mempunyai alasan untuk hidup maka manusia akan mempunyai cara apapun untuk mempertahankan hidupnya. Seberat apapun tingkat penderitaan yang dirasakan, selama masih ada alasan untuk hidup maka bunuh diri tidak akan pernah terjadi. Untuk itu harapan haruslah selalu diciptakan. Lagipula, kita tidak akan pernah tau dengan bunuh diri persoalan akan selesai.

Jadi, janganlah bunuh diri.

Featured post

Kembalinya Cangkir

yak..kini sudah kembali, sekian lama terbengkalai blog ini kembali dihidupkan dari mati suri....