Contact


Masih ingat film 'Contact' ? film yang direlease pada tahun 1997 yang sempat menjadi box office pada waktu itu. Film 'Contact' dibintangi oleh Jodie Foster dengan setting di USA. Film ini menceritakan Dr. Arroway (Jodie Foster) yang terlibat dalam project Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI) yaitu suatu project yang mempelajari transmisi gelombang radio yang diterima di bumi yang diharapkan berasal dari mahluk angkasa luar atau extraterrestrial life.
Setelah empat tahun menunggu akhirnya Dr. Arroway menerima signal radio dari salah satu bintang yang bernama Vega. Setelah signal diteliti ternyata signal tersebut mengandung data video yang menggambarkan Adolf Hitler pada saat pembukaan olimpiade musim panas di Berlin pada tahun 1936. Lebih dari itu, Dr. Arroway juga 'menemukan' 60.000 halaman yang sepertinya berupa 'gambar teknik'. Setelah 'gambar teknik' tersebut diterjemahkan akhirnya didapatkan sebuah gambar teknik yang standard untuk membuat suatu mesin yang sangat kompleks yang mampu memindahkan sebuah object ke suatu tempat di luar bumi dalam hitungan detik.
Singkatnya dengan mesin yang diciptakan dan dibiayai oleh global, Dr. Arrowy memulai uji coba mesin tesebut. Disaksikan oleh jutaan warga dunia, 'kapsul' pun bergerak diantara tiga buah lingkaran yang berputar. Akan tetapi tiba-tiba hancur dalam hitungan detik. Tapi sebenarnya Dr. Arroway di dalam kapsul tersebut mengalami perjalanan yang cukup lama hampir 18 jam lamanya. Bahkan Dr. Arroway 'bertemu' dengan ayah nya yang sudah meninggal di planet Vega. Dr. Arroway juga mengalami kondisi tanpa gravitasi dibuktikan kalungnya juga melayang di dalam 'kapsul'. Dr. Arroway menyaksikan gugusan bintang-bintang dari jendela kapsul yang tidak bisa dia lukiskan indahnya karena sangat maha dasyat indahnya. Dr. Arroway sambil menangis mengatakan ' Harusnya bukan saya yang dikirim kesini tapi seorang seniman'. (scene ini adalah salah satu favorit saya)
Setelah 'perjalanannya' selesai dimana dunia tidak mengakui kebenaran pengalamannya, Dr. Arroway menerima serombongan anak-anak TK yang datang berkunjung. Salah seorang diantaranya bertanya kepada Dr. Arroway: 'Apakah benar ada kehidupan di luar sana'? dan Dr. Arroway menjawab : ' Ya dan Planet-planet dan bintang-bintang itu tercipta, bukan untuk sia-sia'.
Percakapan Dr. Arroway dengan anak tersebut sangat menginspirasi saya pada waktu itu. Bahwa planet, bintang, galaxy yang sepertinya kosong, tercipta bukan untuk sia-sia, mereka ada punya tujuan.
Kita juga sering bertanya pada diri sendiri hal yang sama : 'Apakah ada kehidupan di luar bumi ?' dan ada keyakinan dalam diri saya bahwa 'jauh' di sana di antara gugusan bintang-bintang ada 'mahluk' yang bertanya sambil menatap 'langit mereka' sambil bertanya ' Apakah ada kehidupan selain kita?'. Dan tak jarang kita bertanya Apakah Tuhan itu ada ?
hmmm..simple stupid !
Note:
Film ini sangat menarik dan saya yakin Anda tidak rugi untuk meluangkan waktu pada tanggal 21 besok untuk 'hunting' CD/DVD film 'Contact' barangkali masih ada dan kalau beruntung. Daripada Anda bengong di rumah tidak ada kerjaan ?.

Featured post

Kembalinya Cangkir

yak..kini sudah kembali, sekian lama terbengkalai blog ini kembali dihidupkan dari mati suri....